Tips Merawat Helm

Tips Merawat Helm  Helm adalah atribut wajib bagi pengendara sepeda motor. Sebagai pelindung kepala dari hal-hal yang tidak diinginkan saat berkendara, tentu helm sebaiknya dirawat dengan baik agar tetap nyaman dan aman saat digunakan. Salah satu cara merawat helm adalah dengan memperhatikan peletakan helm pada motor. Meletakkan helm pada kaca spion bukan pilihan tepat, karena potensi helm jatuh atau basah terkena air hujan jadi lebih besar. Letakkan helm pada jok motor bagian belakang, dan jepit dengan erat pada gagang jok. Dengan begitu, ketika tersenggol helm tidak akan jatuh; begitupun saat hujan, jumlah air yang masuk ke helm akan jauh lebih sedikit.

Gunakan Helm Saat Kepala Kering

Dengan menggunakan helm saat kondisi kepala kering. Hal ini agar busa di dalam helm tidak mudah berjamur. Jamur dapat mengakibatkan bau apek pada helm, yang tentunya tidak baik bagi kulit kepala dan rambut Sobat Honda. Jika rambut masih basah akibat pomade, minyak rambut, atau conditioner dan tidak memungkinkan untuk menunggu rambut kering, kain penutup kepala bisa jadi opsi. Dengan begitu, kontak langsung antara busa helm dan rambut yang basah dapat terhindari.

Bersihkan Secara Rutin Kaca Helm

Dengan rutin membersihkan kaca helm. Kaca helm yang tidak dibersihkan dari sisa air hujan atau kotoran dan debu dari jalan bisa menimbulkan potensi tumbuhnya jamur dalam helm. Karena itu sebaiknya Sobat Honda rutin membersihkan helm dari sisa air hujan dan kotoran dengan kain lap, kanebo, atau tissu kering. Menyemprotkan cairan pembersih juga dianjurkan, agar kaca helm tidak tergores kala di lap.

Cuci Busa Secara Berkala

Dengan mencuci busa helm dua minggu sekali. Tidak perlu memanfaatkan jasa cuci helm, karena mencuci sendiri cukup untuk membuat helm kembali bersih dan wangi. Cukup lepaskan busa helm menggunakan obeng, lalu rendam busa dalam air hangat yang sudah dicampur detergen selama beberapa menit, lalu bilas dengan air bersih. Jangan mengucek atau memeras busa helm, karena bisa merusak bentuk busa. (DNA)

Baca Juga

Leave A Comment