Ragam Tipe Helm untuk Gaya Berkendaramu

Helm  adalah peranti yang wajib digunakan pengendara sepeda motor demi keamanan dan kenyamanan. Helm sama pentingnya dengan sepeda motor kesayangan, karena helm memproteksi kepala dari cedera serius apabila terjadi kecelakaan. Meski begitu, helm memiliki spesifikasi-spesifikasi yang perlu kamu sesuaikan dengan tipe sepeda motor dan kebiasaan saat berkendara. Berikut 6 kategori helm pada umumnya yang dapat kamu pilih sesuai kepribadian kamu.
 

FULL-FACE
Helm full-face adalah helm yang paling umum ditemui di jalan raya karena cocok untuk semua ragam motor dan gaya berkendara. Helm full-face memberikan proteksi terbaik dan terlengkap untuk kepala, dari depan hingga belakang. Visor angin dapat dibuka dan ditutup sesuai dengan kondisi cuaca dan kebutuhan pengendara. Helm tipe ini sangat cocok untuk kamu yang menyukai kecepatan ataupun menyukai touring. Meski begitu, helm full-face kadang dirasa kurang nyaman untuk berkendara dalam kota yang padat, mengingat ruang udara untuk masuk cukup terbatas.

ILLUSTRATION Arvin Dizon (Helmet design by Shoei)

ILLUSTRATION Arvin Dizon (Helmet design by Shoei)

 

OPEN-FACE
Helm open-face adalah helm yang paling cocok digunakan di dalam kota untuk menemani kegiatan sehari-hari. Helm ini cocok untuk motor-motor standar, cruiser, skuter matic, dan cafe racers. Helm ini jelas menawarkan sirkulasi udara yang lebih baik bagi penggunanya ketimbang helm full-face. Karena itu pula, tak seperti helm full-face yang memberi perlindungan sempurna, helm open-face tidak mampu memberi garansi akan perlindungan dagu kamu ketika terjadi hal yang tidak diinginkan. Meski beberapa tipe helm memiliki visor angin, helm tipe ini tidak mampu menangkal secara maksimal material di jalan seperti debu, polusi, sinar matahari, dan sebagainya dari wajah pengendaranya.

ILLUSTRATION Arvin Dizon (Helmet design by Shoei)

ILLUSTRATION Arvin Dizon (Helmet design by Shoei)

 

MODULAR
Helm modular adalah perpaduan antara helm full-face dan open-face. Helm ini memberikan perlindungan layaknya helm full-face, namun juga dapat dijadikan helm open-face ketika pelindung dagunya diangkat. Karena modelnya yang dapat dinaik-turunkan, helm modular sering juga disebut helm flip-up. Helm tipe ini memiliki sirkulasi udara lebih banyak namun tetap memberi perlindungan yang pas pada kecepatan tinggi. Baik untuk touring maupun berkendara sehari-hari, helm modular adalah pilihan terbaik.

ILLUSTRATION Arvin Dizon (Helmet design by Shoei)

ILLUSTRATION Arvin Dizon (Helmet design by Shoei)

 

HALF
Seperti namanya, half helmet hanya melindungi setengah dari seluruh kepala penggunanya. Bentuknya seperti batok kelapa dan menawarkan perlindungan paling rendah dibanding jenis helm lainnya. Helm tipe ini sangat tidak disarankan untuk touring ataupun berkendara dengan kecepatan tinggi.

ILLUSTRATION Arvin Dizon (Helmet design by Shoei)

ILLUSTRATION Arvin Dizon

 

MOTOCROSS
Helm motorcross didesain secara khusus untuk melewati jalanan off-road yang melelahkan. Bentuknya yang unik dengan pelindung dagu dan bagian atas yang memanjang kedepan membuat helm ini sangat mudah dibedakan. Bagian wajah sengaja dibiarkan terbuka lebar agar penggunanya dapat menggunakan kacamata tambahan untuk melindungi mata. Helm motorcross sangat cocok untuk trail riding, kompetisi motorcross, atau bahkan berkendara sehari-hari dengan motorcross kamu.

ILLUSTRATION Arvin Dizon (Helmet design by Shoei)

ILLUSTRATION Arvin Dizon (Helmet design by Shoei)

 

DUAL SPORT
Helm dual sport adalah helm motorcross yang telah terintegrasi dengan visor angin. Meski begitu, beberapa merk dan model masih memberikan ruang bagi pengendaranya untuk mengenakan kacamata sebagai pelindung tambahan. Dibuat untuk penggunaan sehari-hari, helm ini banyak digunakan untuk motor standar, motor adventure, maupun motor motard. Sama seperti helm motorcross, penggunaan helm ini tidak dianjurkan untuk berkendara high-speed.

ILLUSTRATION Arvin Dizon (Helmet design by Arai)

ILLUSTRATION Arvin Dizon (Helmet design by Arai)

 

DUAL SPORT MODULAR
Helm dual sport modular adalah helm tipe baru yang belum banyak ditemui di pasaran. Helm ini merupakan gabungan dari helm dual sport, namun lebih fleksibel, fungsional, dan nyaman. Sesuai namanya, helm ini dapat digunakan sebagai helm modular (pelindung dagu helm ini dapat dinaikkan sehingga menjadi helm full face atau open-face tanpa bagian depan yang memanjang), motorcross (tanpa visor angin), dan dual sport (dengan visor angin). Hanya dengan memutar sekrup atau mengklik kaitan pada helm, penggunanya dapat mengkustom helm sesuai dengan tipe motor yang akan dikendarainya.

ILLUSTRATION Arvin Dizon (Helmet design by Schuberth)

ILLUSTRATION Arvin Dizon (Helmet design by Schuberth)

 

Yah, apapun tipe helm pilihan kamu, pastikan helm itu telah memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI) dan sesuai dengan budget yang kamu miliki. Nah, apa kamu akan mengganti helm setelah membaca artikel ini? Atau kamu akan mengganti helm sesuai dengan kebutuhan dan keinginan kamu? Keputusan ada di tangan kamu, Bro. (*)


Sumber: www.topgear.com.ph, foto: www.gizmodo.com.au

Baca Juga

Leave A Comment