Motor Berkeseimbangan Otomatis Honda di CES 2017

CES 2017  Perhatian dunia beberapa hari terakhir terpusat pada event akbar tahunan CES 2017 yang diselenggarakan di Las Vegas, negara bagian Nevada, Amerika Serikat. Ratusan brand kelas dunia para produsen perangkat berteknologi tinggi memamerkan gagasan dan konsep untuk mengubah dunia dengan beragam teknologi mutakhir.

Tanggal 5 Januari 2017 kemarin, Honda sebagai produsen kendaraan bermotor terkemuka di dunia menyampaikan ide dan gagasannya dalam membangun ekosistem transportasi dunia. Honda mengembangkan konsep kolaborasi dalam ekosistem transportasi antara lain infrastruktur, pangkalan data, kecerdasan buatan dan teknologi robotik pada produknya dimasa yang akan datang. Dengan konsep besar ini, kendaraan ciptaan Honda dimasa datang tak hanya juara melaju di jalanan tetapi juga memiliki kesadaran untuk memahami dan merespon keadaan dan situasi disekitarnya.

Riding Assist adalah salah satu konsep yang dikembangkan Honda dalam eksosistem transportasi motor roda dua yang memiliki teknologi canggih menyeimbangkan dirinya sendiri. Tak seperti teknologi keseimbangan otomatis yang diusung oleh produsen motor lainnya yang menggunakan giroskop (baca juga: motor berteknologi giroskop), Riding Assist ini sama sekali berbeda. Honda memilih menggunakan teknologi kecerdasan buatan yang berkolaborasi dengan teknologi robotik untuk membuat motor Honda menemukan keseimbangannya sendiri baik di saat posisi diam sepenuhnya maupun bergerak. Lihat videonya, bagaimana motor Honda ini mampu bergerak dengan mulus dan kemudian diam diatas kedua rodanya tanpa sedikitpun oleng maupun terjatuh.

Dengan kemampuan self-driving, seorang pengendara bisa turun tepi jalan sepeda di sebuah restoran, misalnya, kemudian masuk ke dalam sementara sepeda motor menemukan parkir sendiri (foto oleh Wayne Cunningham / CNET Roadshow).

Menurut saya, Riding Assist ini membuat motor terlihat seperti robot Asimo, dengan sedikit sentuhan dia dapat mengikuti obyek didepannya, membaca situasi jalan disekitarnya, bereaksi terhadap perubahan dan berjalan penuh keseimbangan diatas kedua rodanya.

Menurut sumber Honda di CES, kelebihan teknologi ini adalah pada keamanan dan kenyamanan. Konsep Riding Assist ini tidak memerlukan beban tambahan untuk menyeimbangkan motor seperti pada model giroskop. Sehingga, disaat manufer pada kecepatan tinggi, motor tidak kehilangan traksi dan tetap melaju seperti sepeda motor pada umumnya.

Honda memang piawai dalam mengembangkan teknologi sekaligus desain produknya. Tak terlihat ada perubahan desain yang mencolok pada motor otomatis ini. Ya, seperti desain motor pada umumnya. Honda berhasil menanamkan teknologi masa depan pada desain motor masa kini. Tak seperti produsen lain yang mengubah total bentuk motornya menjadi terlalu futuristik dan terkesan kurang membumi.

Saya bisa bayangkan, mungkin dalam beberapa tahun kedepan, motor Honda dapat berkomunikasi dengan pengendaranya, menyampaikan laporan kondisi jalan, menujukkan rute terdekat, memperkirakan waktu tempuh sampai ke tempat tujuan atau parkir dan mengisi bahan bakar dengan sendirinya. Kenapa tidak? (DNA)

Baca Juga

Leave A Comment