Mengenal Ragam Tipe Motor

Ragam Motor Adventure Bikes. Sportbikes. Cruiser. Dual Sports. Dirt Bikes. Supermoto. Skuter. Itu hanya sedikit dari sekian banyak sebutan kita untuk mendeskripsikan jenis sepeda motor yang kita kendarai. Jika Anda kurang paham, tentu istilah tersebut menimbulkan banyak pertanyaan. Simak tulisan ini sampai selesai untuk menjawab pertanyaan Anda.

Perubahan kecil pada desain sepeda motor dapat membuat performa motor berubah secara drastis. Bukan hanya membuat beragam modifikasi tampilan motor, pabrikan selalu berusaha menciptakan produk yang tidak pernah kita lihat sebelumnya.

Sejak tahun 60-70an, teknologi dan desain sepeda motor mulai berkembang. Saat itu motor terlihat sama dan digunakan untuk fungsi yang rata-rata juga sama saja. Kini, semua itu telah berubah, setiap motor diciptakan dengan kelas dan tipe yang berbeda, mereka didesain lebih spesifik untuk memenuhi fungsi, segmentasi dan kesenangan penggunanya. Simak apa saja perbedaannya dalam deskripsi berikut:

SPORTBIKES
Tipe Sportbikes dibuat untuk melaju cepat di trek balapan. Tipe ini memiliki konsep posisi pengemudi yang menjorok kedepan serta fairing untuk melindungi pengendara dari terpaan angin saat melaju dengan kecepatan tinggi. Sportbikes memiliki clearance area yang juga tinggi dengan tujuan agar tubuh pengendara tak mudah membentur aspal saat motor berbelok kencang. Sportbikes terbagi dalam dua kategori utama, yakni superbie dan supersport. Superbie digunakan untuk menyebut motor sportbikes di kelas 1.000 cc, sedangkan supersport pada umumnya untuk sportbikes lebih kecil yaitu pada kelas 600 cc. Contoh: BMW S 1000 RR, Aprilia RSV4, Ducati 959 Panigale, Honda CBR600RR, Yamaha YZF-R1, Kawasaki ZX-10R, Suzuki GSX-R1000


Honda CBR600RR, memiliki kapasitas 599 cc (36,6 cu in) tipe sportbikes, bagian dari seri CBR yang diperkenalkan oleh Honda pada tahun 2003 sebagai versi replika balap seri CBR600F Honda. Tipe ini memenangkan setiap gelar Supersport World Championship pada tahun 2002-2008 dan lagi pada tahun 2010 dan 2014.

SPORT NAKED
Sport naked atau street fighters adalah versi non-fairing dari sportbikes, sehingga seringkali lebih nyaman dan ergonomis dibanding sportbikes. Sepeda motor ini memiliki mesin yang didesain untuk melaju kencang, berteknologi menawan, bersuspensi prima dan sistem pengereman yang canggih. Sport naked diperuntukkan untuk penggunaan sehari-hari dan bukan untuk balapan di sirkuit. Contoh: Ducati Monster 1200 R, KTM 1290 Super Duke R, Triumph Street Triple R, Kawasaki Z1000, Honda CB500F.


Honda CB500F, meneruskan tradisi panjang generasi 500 Honda di kelas menengah.

TOURING BIKES
Touring bikes memiliki ukuran yang lebar dan berat, dengan mesin yang besar, berpelindung angin dan berbagasi jumbo untuk menemani perjalanan jarak jauh anda. Touring bikes dari Jepang dan Eropa biasanya menanamkan berbagai fitur dengan teknologi terbaik untuk kelas sepeda motor. Sementara itu pabrikan Amerika berkebalikan, umumnya mereka tidak terlalu memprioritaskan menanamkan teknologi baru dalam produk mereka. Contoh: BMW K1600 GTL, Harley-Davidson Road Glide Ultra. Pada perkembangannya Touring Bikes berkembang lagi dengan tipe yang lebih spesifik antara lain:

  • Sport Touring
    Sepeda motor Sport Touring menggabungkan karakteristik motor touring seperti ergonomis, kenyamanan, dan bagasi yang luas dengan motor sporty yang besar. Motor tipe ini dibuat agar pengendara dapat membabat jarak perjalanan yang jauh tanpa menghabiskan banyak waktu. Contoh: Aprilia Caponord 1200, Ducati Hyperstrada, Kawasaki Concours 14, Kawasaki Versys, Yamaha FJR 1300, Yamaha FJ-09, Suzuki V-Strom 1000, Honda ST 1300.

Honda ST1300, adalah sepeda motor sport touring yang pertama diperkenalkan di Eropa pada tahun 2002 sebagai ST1300 Pan European dan Amerika Utara pada tahun 2003 sebagai ST1300 .

  • Adventure Touring Bikes
    Cara yang pas untuk mendeskripsikan Adventure Touring Bikes adalah dengan menyebutnya sebagai sebuah motor trail raksasa, yang mampu melahap tantangan perjalanan jauh sekaligus tetap nyaman dipakai berkendara melewati jalur off-road. Motor seperti ini hampir selalu memiliki moncong, pelindung kecelakaan, ban yang sporty serta bagasi. Selain keren, moncong ini pas ketika dipadukan dengan teknologi suspensi khususnya. Posisi berkendara yang tegak pada tipe ini bikin nyaman saat berkendara jarak jauh. Sulit membedakan antara sepeda motor Adventure Bikes dengan Dual Sports (lihat bawah) memang, namun mungkin kita bisa memilahnya berdasar kapasitas silinder yang dimiliki. Kapasitas silinder yang lebih tinggi pada Adventure Touring Bikes berkosekwensi pada beratnya yang makin besar. Artinya, tipe Adventure Touring Bikes mampu melahap jarak yang jauh tanpa membuat mesin motor tertekan. Contoh Adventure Touring Bike adalah: BMW R 1200 GS, Ducati Multistrada Enduro, KTM 1190 Adventure, Yamaha Super Tenere, Honda Africa Twin.


Honda Africa Twin, adalah motor adventures touring bike yang dibuat oleh Honda dalam dua versi, pertama tahun 1996-2003 sebagai 750 cc ( 46 cu in ) v-twin XRV750T , kemudian taun 2016 menjadi 1.000 cc ( 61 cu in ) parallel-twin CRF1000L.

DIRT BIKES
Dirt bikes, atau biasa dikenal dengan motor trail, adalah sepeda motor berukuran kecil, ringan, bersuspensi tinggi, dan memiliki ban bergerigi. Motor ini memiliki satu silinder yang biasanya dilindugi oleh prastik berwarna yang harganya murah untuk diganti, mengingat pengendara motor ini biasanya sering terjatuh. Contoh: Honda CRF250R, Yamaha YZ450F, Suzuki RM-Z450. Ada dua jenis Dirt Bikes ini, antara lain:

  • Dual Sports
    Dual Sports atau Enduros adalah motor trail yang legal untuk digunakan baik di lintasan trail maupun di jalan raya. Motor ini memiliki daya yang lebih kecil meskipun ukuran mesinnya sama karena adanya pembatasan emisi gas buang.
  • Supermoto
    Supermoto adalah motor trail dengan roda, ban, suspensi, dan rem ala motor pada umumnya. Torsi dari silinder tunggal serta transisi yang cepat untuk bermanuver tajam membuat motor ini patut diacungi jempol.
    Contoh: Suzuki DR-Z400SM, Husqvarna 701 Supermoto


Honda CRF250R, adalah salah satu sepeda motor terbaik di kelas dirt bikes. Diperbaharui di tahun 2015 dengan model yang lebih atraktif dan menarik, termasuk penambahan yang suspensi showa® Air Fork SFF.

CRUISER
Cruiser adalah sepeda motor besar dan berat yang dilengkapi dengan sandaran duduk yang nyaman dan gaya klasik. Cruiser hampir selalu dilengkapi oleh mesin ganda yang menghasilkan tenaga lebih. Berkendara dengan Cruiser menggabungkan kebebasan berkendara dengan kenyamanan duduk di kursi empuk. Contoh: semua jenis Harley-Davidson, Honda Valkyrie.


Honda Valkyrie, adalah salah satu sepeda motor kelas cruiser yang diproduksi oleh Honda dari tahun 1996 hingga 2003. The Valkyrie ditawarkan dengan gigi mundur di Jepang, dibuat di U.S.A. di pabrik sepeda motor Honda di Marysville, Ohio.

STANDARD
Sesuai namanya, sepeda motor Standard memiliki gaya desain, kekuatan mesin, rem, dan suspensi yang standar. Sepeda motor jenis ini tidak sulit untuk ditakhlukkan pengendara newbie, tapi juga bisa menyenangkan bila dikendarai oleh pengendara yang sudah berpengalaman. Sepeda motor jenis ini umumnya dibekali mesin berukuran sedang. Contoh: Suzuki SV650, Kawasaki Ninja 650. Ada beberaoa kategori tipe Standart ini, antara lain:

  • Retro
    Sepeda motor retro adalah bagian dari sepeda motor standar, yang mengambil semua kualitas motor standar dan mengemasnya dalam tampilan retro. Contoh: Triumph Bonneville, Yamaha SR400, Honda CB 1100.


Honda CB 1100, adalah sepeda empat silinder 1.140 cc ( 70 cu in ) berpendingin udara yang diperkenalkan oleh Honda pada tahun 2010 sebagai pengganti modern untuk CB750.

  • Scrambler
    Scrambler adalah versi yang sedikit berbeda dari sepeda motor retro. Sepeda motor ini mengambil berbagai kualitas dari sepeda motor standar dan menambahkan ban bergerigi dan beberapa pelindung lumpur pada tubuhnya, dengan posisi knalpot agak tinggi agar tidak terkena bebatuan. Seperti motor retro, scrambler hanya soal desain luar. Meski nampak seperti sebuah Adventure Bike, scrambler tidak dibekali kemampuan yang sama. Contoh: Triumph Scrambler, Ducati Scrambler, Honda CB 450.


Honda CB450, sepeda motor Honda ‘besar’ pertama dengan kapasitas 444cc 180 ° kembar lurus, dual mesin overhead cam menghasilkan 43-45 tenaga kuda (lebih dari 100 HP/liter).

SCOOTERS
Scooters adalah salah satu sepeda motor yang praktis dan banyak digunakan di seluruh dunia. Dengan mesin berukuran mini, roda yang kecil, transmisi otomatis, dan didesain dengan rongga luas untuk meletakkan kaki. Scooter memberi kenyamanan dalam berkendara selama anda tidak pergi ke tempat yang memerlukan kecepatan lebih dari 50 km/jam.


Honda PCX adalah salah satu skuter produksi Honda Manufacturing Thailand dan diperkenalkan pertama kali tahun 2009 kemudian di ekspor sampai ke Eropa.

Itu dia beberapa kategori sepeda motor yang seringkali membuat kita bingung untuk menyebutkan jenisnya. Semoga bermanfaat. (DNA)

Baca Juga

One Comment

  1. October 14, 2016 at 10:01 pm

    Wow, gorgeous site. Thnx …

Leave A Comment