Honda Ruckus, Bad-Boy Motor Skutik

Skuter Minimalis  Pabrikan sepeda motor umumnya berlomba membuat fairing menawan untuk menutupi tubuh bagian dalam motor. Pandangan itu pabrikan Honda patahkan saat merilis Honda Ruckus Scooter di tahun 2002. Dengan desain menawan tanpa cover menutupi tubuhnya, city bike ini terbukti banyak diminati para bikers.

Honda Ruckus memang sengaja didesain minimalis yang sesuai dengan gaya hidup masyarakat urban yang serba praktis. Pipa-pipa yang kokoh membingkai sempurna rongga menganga di bagian bawah jok motor. Roda berukuran mini berbalut ban bergerigi membuat kesan garang pada Honda Ruckus kian kental.

Untuk mesin, motor ini dilengkapi silinder tunggal berkapasitas 49cc. Honda Ruckus mampu melahap ± 40 km setiap liternya, cukup hemat mengingat motor ini dikhususkan untuk menyusuri jalanan kota. Mengendarai Honda Ruckus terasa makin nyaman karena motor ini menggunakan transmisi otomatis berteknologi injeksi terbaik Honda, PGM-FI. Tak lupa Honda menyematkan pendingin cair untuk menjaga performa dan kualitas mesin. Meski sengaja didesain untuk melahap jalanan kota, bukan berarti Honda Ruckus tidak bisa diajak bertualang di alam bebas. Ketika dijajal untuk berkendara di gurun dengan struktur kasar seperti pada video berikut, Honda Ruckus toh mampu melewatinya dengan lancar.

Di Amerika, Honda Ruckus disebut sebagai bad boy-nya motor skutik. Harganya tak tanggung-tanggung, jika dirupiahkan seharga 37 juta-an rupiah.

Honda Ruckus yang diproduksi di Jepang, Amerika, dan Thailand ini hadir dalam empat varian warna. Untuk mendapatkan Honda Ruckus, Anda harus merogoh kocek US$2,600 (sekitar Rp 37 juta bila dirupiahkan, belum termasuk pajak dan biaya lain-lain). Meski telah melanglang cukup lama di pasar sepeda motor Amerika maupun Eropa, Honda Ruckus belum didatangkan PT Astra Honda Motor ke Indonesia. (DNA)

Baca Juga

Leave A Comment