Honda Kembangkan Artificial Intelligence dalam Motor Buatannya

Artificial Intelligent  Dari empat raksasa manufaktur otomotif Jepang, Honda sudah sangat mengakar pada skuter. Mulai dari pioner mesin dan transmisi GY6 hingga berbagai line-up skuter yang diproduksinya hari ini, Honda telah merencanakan intensi besar di skuter, hal yang tidak dilakukan oleh manufaktur otomotif lainnya. Salah satunya adalah dengan menyiapkan teknologi masa depan bagi sepeda motor dengan penjualan nomor satu di Indonesia ini.

Dalam mempersiapkan teknologi kendaraan masa depan, Honda memilih SoftBank sebagai partner bisnis. Tujuan utamanya satu: membuat kendaraan dengan Articial Intelligence (AI). Meski belum secara spesifik menyebutkan kendaraan apa yang akan Honda benamkan dengan teknologi ini, agaknya cukup jelas bahwa Honda akan menyematkan teknologi pintar ini ke semua produk transportasinya.

Melalui pengembangan teknologi AI, Honda dan SoftBank akan menciptakan produk yang memungkinkan pengendaranya melakukan percakapan dengan kendaraan itu. Kemampuan itu akan dibarengi berbagai informasi yang diambil dari berbagai sensor dan kamera yang terinstall di kendaraan, sehingga baik emosi dari pengendara maupun kendaraan dapat disatukan melalui dialog. Lebih jauh, dengan membiarkan produk transportasi “bertumbuh dewasa” ketika berbagi berbagai pengalaman dengan pengendaranya, proyek ini akan membuat pengendara merasakan ikatan emosional yang besar dengan kendaraannya. Intinya, Honda ingin kita memiliki hubungan dengan kendaraan kita. Bukan hanya kendaraan masa depan ini akan memiliki kemampuan untuk melihat mood dan kebutuhan kita pada momen tertentu, tapi juga mampu beradaptasi sesuai pengendaranya, dan begitupun sebaliknya.

Selama ini, tidak sedikit orang yang merasa memiliki ikatan dengan kendaraan yang sudah dipakainya bertahun-tahun. Rasa itu muncul setelah sang pengendara merasa nyaman dengan berbagai kebiasaan dan karakter mesin kendaraan. Ikatan yang abstrak itulah yang ingin Honda jadikan dalam wujud nyata, melalui konsep AI. Prospek kendaraan dengan AI yang ditawarkan Honda tentu akan membuat semua orang berimajinasi. Siapkan mental Anda untuk berdialog dengan skuter masa depan Anda nantinya. (DNA)

Baca Juga

Leave A Comment