Honda City Adventure, Skutik Petualang yang Praktis

Sepeda motor apa yang baiknya digunakan untuk bertualang melewati medan kasar dan menantang? Sebagian besar orang akan menawarkan motor besar (moge) dengan transmisi kopling manual sebagai jawaban. Tenaga yang besar sekaligus body yang garang menjadi salah satu alasan mengapa motor petualang identik dengan moge. Untuk membongkar pandangan itulah Honda menampilkan konsep Honda City Adventure di EICMA Milan 2015 lalu.

MA-city-adventure03
Honda Adventure Prototype saat di EICMA November 2015 lalu.

Honda City Adventure adalah big skutik yang dilengkapi desain body dan mesin yang digadang-gadang mampu menghadapi rintangan off-road. Skutik ini memiliki ground clearance yang lebar, ban yang bergerigi, pelindung tangan yang sporty, bagasi underseat yang cukup untuk menyimpan helm full face, serta knalpot yang lebih tinggi dibanding motor pada umumnya. Untuk roda, Honda City Adventure dikonsep dengan roda 17 inchi dan 15 inchi dengan jenis velg jari-jari. Desain ini jelas cocok untuk menerjang medan berat dan kasar saat bertualang.

Sebagai skuter off-road, Honda City Adventure menawarkan kepraktisan bertualang tanpa harus sibuk mengganti kopling. Ini dikarenakan Honda City Adventure telah berbekal Dual Clutch Transmission (DCT), teknologi canggih yang memungkinkan pengendaranya berpindah dari transmisi manual ke otomatis hanya dengan menekan tombol pada setang motor.

Meski belum ada bocoran resmi mengenai kapasitas mesin yang diadopsi Honda City Adventure, konon skuter ini dibangun dengan basis mesin yang gabungan antara Honda Integra 750 dan NC750. Honda City Adventure dikabarkan akan menggunakan dua silider berkapasitas 745 cc yang diklaim mampu mengeluarkan tenaga hingga 54 tenaga kuda.

MA-city-adventure02
City Adventure Concept saat menjadi pusat perhatian di EICMA Milan Expo karena konsepnya yang tak biasa.

Dengan segala fiturnya di lintasan off-road, pabrikan Honda menegaskan bahwa Honda City Adventure akan sangat nyaman dipakai di jalanan perkotaan. Seperti namanya, skutik ini dibuat untuk menghasilkan energi mesin yang pas untuk berjibaku dengan jalanan perkotaan yang padat dan penuh hiruk pikuk.

Dari berbagai informasi yang beredar, ada dua opsi penamaan bagi motor ini, yakni Honda X-ADV atau Honda ADV. Kabarnya Honda City Adventure akan mulai hadir di showroom motor Honda pada 2017 mendatang dengan spesifikasi yang tidak jauh berbeda dari konsep desain yang disebutkan diatas. (DNA)

Baca Juga

Leave A Comment