GyroCycle Prototype, Motor Berdiri Tanpa Kaki Penyangga

Canggih  Thrustcycle, adalah sebuah perusahaan pengembang teknologi kendaraan bermotor yang berasal dari Honolulu, baru-baru ini meluncurkan prototipe motor listrik yang mampu menyeimbangkan diri sendiri atau tetap berdiri tegak dengan kedua rodanya tanpa membutuhkan kaki penyangga. Motor dengan teknologi unik ini disebut sebagai GyroCycle.

Tak hanya menciptakan motor roda dua tegak dan stabil berdiri, Trushcycle membuat GyroCycle ini bertenaga listrik. Motor bertenaga listrik mulai dikembangkan oleh beberapa produsen motor ternama dunia akhir-akhir ini dan diprediksi akan menjadi standar teknologi motor masa depan yang ramah lingkungan.“GyroCycle adalah kendaraan roda dua yang hemat energi dan memiliki stabilitas yang prima.”kata Clyde Igarashi, president Thrustcycle Enterprises LLC. Fungsi giroskop selain sebagai penyeimbang juga sebagai sumber energi mekanik, sehingga motor mendapat kedua manfaatnya sekaligus.

Design of GyroCycle open gyro motorcycle

Design of GyroCycle open gyro motorcycle

Untuk stabilitas ini, GyroCyle menggunakan sistem roda gila bergaya internal yang menciptakan efek gyroscopic yang menjaga motor tetap berdiri pada posisinya baik saat dikendarai maupun saat posisi berhenti. Thrustcycle mengatakan, sistem pada GyroCycle ini akan cenderung menghilangkan traksi (kecepatan) saat akan memasuki tikungan karena giroskop akan mempertahankan integritas lateral, sehingga fungsi self-balancing ini juga akan memberikan nilai tambah pada pengendara dan sangat meningkatkan keamanan berkendara.

Selain menggunakan kembali energi yang tersimpan dalam roda gila untuk fungsi keseimbangan diatas, GyroCycle juga menggunakan baterai mekanik yang mengambil kembali energi yang hilang saat pengereman. Energi ini diserap kembali ke dalam roda gila dan kemudian digunakan untuk berakselerasi.

Thrustcycle mengatakan produk pertamanya akan selesai pada tahun 2017. Tujuannya untuk menjadi perusahaan pertama yang membawa sepeda motor self-balancing ke pasar. Menurutnya, biaya harus bawah 300 juta. Saat ini, sepeda motor listrik masih memiliki pangsa pasar yang kecil di Amerika Serikat, tetapi pangsa lebih besar di Eropa dan Asia dan akan terus berkembang. Sebuah laporan QY Research mengungkapkan bahwa pada tahun 2015, sekitar 38 juta unit sepeda motor listrik dan skuter telah terjual di seluruh dunia, menghasilkan pendapatan sampai dengan 13 miliar dolar Amerika. Angka itu diyakini akan terus tumbuh seiring dengan penurunan biaya produksi baterai. (DNA)


Sumber: thrustcycle.com, foto: thrustcycle.com

Baca Juga

Leave A Comment