Gaya Racing Honda BeAT FI ala Agung Pangestu

Modifikasi  Melaju di lintasan balap menggunakan skuter matic agaknya tidak banyak terpikir oleh masyarakat kebanyakan. Skuter matic umumnya digunakan untuk menemani kegiatan santai sehari-hari, dengan jarak tempuh yang tidak jauh dan kecepatan yang standar. Pola pikir yang demikian inilah yang coba Agung Pangestu bongkar ketika memodifikasi Honda BeAT FI miliknya. Motor keluaran tahun 2015 ini diubahnya dengan gaya ala motor racing yang garang dan menawan.

Untuk membuat skuter matic ini nampak layaknya motor balap, Agung melepas komponen bagian tengah BeAT FI ini hingga tersisa rangka dan mesinnya. Meski memotong beberapa bagian dari body asli, bagian kepala dan lampu belakang khas BeAT masih dipertahankan Agung. Penambahan sayap khas motor balap di jok belakang Agung imbuhkan untuk mempertegas kesan racing motor ini. Untuk menambah kegarangannya, Agung meninggikan bagian belakang motornya dan mengganti ban standar BeAT dengan ban berukuran besar dan lebar. Biru metalik menjadi warna dominan yang dipilih Agung untuk membalut skuter matic ini, mulai headlight, rangka, hingga tail light. Aksesoris-aksesoris tambahan yang Agung berikan, mulai stang, penutup mesin, shock absorber, hingga cover CVT, juga didominasi warna ini. Untuk menambah kesan elegan, velg metalik dipilih Agung untuk melengkapi tampilan motornya.

modifikasi-ap

modifikasi-ap1

agungp

Agung mengaku menghabiskan biaya hingga lebih dari 15 juta rupiah untuk memodifikasi motor ini. Tampilan modifikasi Agung pada motor ini menuai banyak penghargaan, salah satunya dari rangkaian Honda Modif Contest 2016. Ketika mengikuti Road to Honda Modif Contest 2016 East Java Region: Kediri, skuter matic ini meraih juara pertama di kelas Matic Racing Style. Torehan tersebut membuatnya memperoleh Golden Ticket untuk mengikuti Honda Modif Contest Surabaya 2016. Prestasi kembali diraih Agung dengan motornya di kejuaraan yang diikuti berbagai peserta dari seantero Jawa Timur ini. Juara 1 di kelas yang sama, Matic Racing Style, disabet Agung. Prestasi tersebut berlanjut ketika melakoni Final Battle Honda Modif Contest 2016 di Jakarta. Beradu dengan para jawara dari 14 kota tempat diadakannya Honda Modif Contest seantero Indonesia, Agung berhasil meraih National Champion Matic Racing Style Honda Modif Contest 2016.

Menjuarai kejuaraan modifikasi tingkat nasional adalah mimpi yang selalu didambakan Agung. Agung memang sudah terjun di dunia modifikasi sejak lama. Pria yang lahir di Probolinggo, 19 tahun silam ini telah menyukai modifikasi sepeda motor sejak duduk di bangku awal Sekolah Menengah Pertama (SMP). Karena banyak teman sepermainannya yang juga menyukai modifikasi, bengkel pun menjadi tempat Agung nongkrong dan menghabiskan waktu bersama teman-temannya.

Salah satu kendala yang sering dihadapi Agung untuk mengembangkan hobinya ini adalah tidak tersedianya stiker dan part modifikasi di Probolinggo. Untuk mendapatkan part, Agung bahkan harus pergi ke Surabaya. Keadaan yang demikian membuat Agung belajar untuk membuat part sendiri. Bersama teman-temannya yang tergabung dalam bengkel Cipeng Custom Probolinggo, Agung mengembangkan usaha pembuatan part modifikasi dan stiker variasi.
Mengikuti Honda Modif Contest, bahkan menjadi jawara nasional, merupakan salah satu upaya Agung untuk menunjukkan bahwa arek Probolinggo mampu mencetak prestasi yang membanggakan melalui kreativitasnya di bidang modifikasi. Agung menegaskan bahwa kemenangan yang diraihnya ini membuktikan bahwa arek Probolinggo bisa meski dengan keadaan yang seminim mungkin. (DNA)

Baca Juga

Leave A Comment