Eksplor Malang untuk Akhir Tahun Berkesan

Jalan-Jalan 

Libur akhir tahun sudah di depan mata. Pengen jalan-jalan ke banyak tempat,  tapi tersandung budget yang terbatas? Nah, buat kamu yang tinggal di Jawa Timur dan sekitarnya, Malang bisa jadi destinasi penawar dahaga kamu akan liburan tanpa bikin kantong kering seketika. Sebagai salah satu kota wisata favorit di Jawa Timur, Malang menawarkan wisata alam dan wisata kuliner yang melimpah. Apa saja?

Pantai Sendiki Malang salah satunya. Sendiki adalah pantai yang terletak di wilayah Tambakrejo, Sumbermanjing, Kabupaten Malang Selatan. Untuk menuju ke pantai ini, medan yang harus kamu lewati lumayan panjang. Jarak tempuh ke Pantai Sendiki cukup panjang, memakan waktu berkendara lebih kurang antara 2-3 jam dari pusat Kota Malang.

Pantai Sendiki masih sangat asri. Tidak dapat dijumpai pedagang di sepanjang area pantai ini, jadi siapkan ransum yang cukup untuk bekal menikmati indahnya alam bebas.

Lokasi parkir motor dan mobil pun cukup jauh  dari pantai. Ini dikarenakan jalanan menuju pantai rusak cukup parah, serta berlumpur ketika hujan. Karenanya, kamu perlu naik ojek yang disediakan warga lokal. Kamu bisa juga berjalan kaki selama kurang lebih 1 jam untuk menuju Pantai Sendiki. Kamu nggak perlu capek-capek jalan atau bayar ojek kalau kamu bawa BeAT Street eSP yang bisa menemani kamu melahap medan ini. 😀

Perjalanan yang melelahkan kamu akan terbayar oleh pemandangan Pantai Sendiki yang menyejukkan. Hamparan pasir putih yang asri dan suasana pantai yang belum terlalu ramai, bakal membuat kamu betah berlama-lama di pantai ini. Tersedia pula area untuk camping dan penginapan untuk kamu yang ingin bermalam supaya melihat sunrise di pantai ini.

Kering, guring sedap, khas Madura. “Buk” adalah istilah yang berasosiasi pada seorang ibu penjual asongan keliling yang berasal dari Madura.

Selain menikmati alam, di Malang kamu juga bisa mengeksplor berbagai wisata kuliner untuk memanjakan lidah. Yang pertama wajib kamu kunjungi adalah Nasi Bug Matirah di wilayah Klojen, Malang. Warung yang menyediakan Nasi Bug khas Madura ini menjadi salah satu warung yang jadi jujukan tokoh-tokoh terkenal saat berkunjung ke Malang. Meski menjual masakan khas Madura, Nasi Bug tidak banyak dijual di Madura. Inilah yang membuat warung ini menjadi salah satu warung tersohor di Kota Malang.

Serbuk kremes, “Kremiken” mungkin berasal dari kata “kremi”, berasosiasi pada hewan super mini dan panjang yang hanya bisa hidup dengan menumpang di tubuh sang-inang.

Lokasi makan berikutnya adalah Warung Mobil 88. Rumah makan yang juga berlokasi di area Klojen ini terkenal dengan Nasi Kremikan dan sambel yang super enak. Nasi dengan menu utama berupa empal dan jeroan yang ditambahkan serbuk kremes, Nasi Kremikan bakal membuat kamu pengen nambah terus.

Saus pedasnya khas. Pas menantang selera.

Untuk kamu yang tidak terlalu hobi dengan masakan nasi, Hot Cui Mie dapat menjadi jujukan. Kedai yang terletak di daerah Blimbing ini menyediakan Cui Mie yang lezat dan bisa dimakan sekaligus bersama mangkuknya. Cui Mie di rumah makan ini terkenal dengan saus khas manis pedas yang tidak kamu jumpai di penjual Cui Mie lain. Harganya pun sangat bersahabat, tidak membuat dompet sekarat.

Tak ada yang istimewa dengan es krim ini, selain nilai otentik olahan resep kuno. Bagi penyuka Malang tempo dulu, ice cream Oen mampu ‘bercerita’ banyak kenangan indah kota Malang di masa lampau.

Sebagai hidangan penutup wisata kuliner kamu, Ice Cream di Toko Oen adalah pilihan tepat. Kafe resto bergaya Belanda ini merupakan salah satu ikon di Kota Malang yang wajib dikunjungi untuk kamu para kaum sosialita. Ice Cream di Toko Oen adalah menu andalan menjadi menu favorit. Dengan pilihan rasa yang beragam, mulai rasa vanilla hingga gula jawa durian, mulai yang basic hingga fancy, Ice Cream Oen bakal memanjakan lidah kamu.

Nah, itu dia lokasi-lokasi yang bisa kamu explore di Malang untuk akhir tahun ini. Sudah siap untuk berangkat? (DNA)

Baca Juga

Leave A Comment