Cegah Motor Mogok Karena Busi Basah dengan Langkah Ini

Busi  Cuaca tak menentu membuat pengguna jalan raya, terutama pengendara sepeda motor patut waspada. Hujan yang turun tiba-tiba dan genangan air yang timbul karenanya bisa membuat sepeda motor kesayangan dan part-part didalamnya mengalami masalah. Salah satu part sepeda motor yang rawan bermasalah di musim penghujan adalah busi.

Posisi busi yang relatif rendah cukup rawan terciprat air kala pengendara melibas genangan air atau melawan arus banjir. Busi, yang berhawa panas akibat nyala mesin motor, ketika mendadak terkena air akan retak bahkan pecah. Ini adalah proses kimia yang sangat umum terjadi ketika benda dengan hawa panas bertemu air bersuhu rendah. Bila retak atau pecah itulah, cipratan air bisa masuk ke busi dan membuatnya basah. Akibatnya motor pun jadi mogok.

Untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan ini, segera copot busi yang basah, lap hingga kering, dan gunakan sikat jika ada. Lubang busi juga perlu dilap hingga kering. Selain itu, gunakan starter kaki saat motor dalam posisi off agar ada dorongan udara dari dalam mesin ke lubang besi. Jika semua bagian sudah dipastikan kering, baru pasang kembali busi. Hati-hati saat memasang, karena drat rumah busi mudah rusak. (DNA)

Baca Juga

Leave A Comment