Berkendara Aman dengan Perlengkapan Tepat

Aman Berkendara  Berkendara dengan kecepatan aman dan hati-hati saja belum cukup untuk menjamin keselamatan ketika mengendarai sepeda motor. Perlengkapan berkendara tepat menjadi salah satu kunci lain untuk menjamin keamanan dan kenyamanan kala asik memacu kendaraan roda dua kesayangan. Lalu, apa saja perlengkapan itu? Mari disimak.

HELM SNI
Naik motor kesayangan tentu tak lengkap tanpa helm favorit. Selain untuk memebuat tampilan berkendara makin kece, helm memegang peran sangat krusial pada keselamatan pengendara sepeda motor. Agar mendapat perlindungan sempurna, tentunya helm haruslah memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI) yang telah lolos uji.

Selain itu, gunakan helm yang sesuai dengan ukuran kepala kamu. Helm yang terlalu sempit atau terlalu longgar akan mengganggu konsentrasi kamu kala berkendara. Helm full face yang menutupi seluruh bagian kepala tentu lebih pas, agar lebih efektif dalam melindungi kepala dibanding helm open face.

Pastikan pula tali pengikat dagu terpasang dengan benar, sehingga ketika terjadi benturan yang tak diinginkan helm tidak terlempar. Perlu dicatat, helm yang pernah terbentur saat kecelakaan baiknya tidak digunakan lagi karena perlindungan yang ditawarkan tidak lagi optimal. Pilih pula helm dengan warna cerah sehingga mudah terlihat meski berkendara melewati jalan dengan penerangan minim.

SEPATU
Sepatu bertumit dengan tapak yang tidak mudah slip adalah pilihan tepat untuk melindungi kaki kala berkendara. Selain memberi perlindungan maksimal dari benda-benda asing yang mungkin mengenai kaki kala di jalan raya, sepatu tertutup juga menjaga kaki dari suhu tinggi maupun panas.

PAKAIAN
Baju lengan panjang dan celana panjang sangat dianjurkan untuk dikenakan kala berkendara. Selain dapat meminimalisir goresan yang dapat terjadi apabila terjadi hal yang tidak diinginkan, pakaian yang demikian ini dapat menjaga suhu tubuh tetap hangat meski diterpa angin di jalan.
Pakaian dengan warna cerah dan mudah dilihat akan lebih baik untuk dikenakan agar dapat terlihat jelas oleh pengendara lain. Jangan lupa pilih pakaian dengan ukuran yang pas, sehingga dapat dengan melakukan gerakan dengan lebih leluasa. Gunakan pula pakaian dengan daya serap keringat baik, mudah kering, dan memberikan perlindungan maksimal dari udara dingin.

SARUNG TANGAN
Selain menjaga tangan dari udara dingin, sarung tangan, terutama yang terbuat dari bahan kulit, akan mampu memberi perlindungan dari goresan yang mungkin terjadi apabila terjadi hal yang tidak diinginkan. Pilih sarung tangan yang memiliki ukuran sesuai dengan tangan kamu agar nyaman kala dikenakan, serta tetap membuat pergelangan untuk bebas bergerak.

Nah, kira-kira itu dia perlengkapan berkendara yang wajib kamu kenakan untuk meningkatkan keamanan kala berkendara dengan roda dua kesayangan. Apa perlengkapan kamu sudah lengkap? (DNA)

Baca Juga

Leave A Comment