Ban Lunak Untuk Pengereman yang Lebih Baik

Komitmen Honda untuk menjaga keselamatan saat berkendara memang tidak ada habisnya. Terutama pada urusan pengereman. Selain menyematkan teknologi cerdas Combi Brake System (CBS) pada motor-motor yang dikeluarkannya agar pengereman antara rem depan dan rem belakang berjalan optimal, Honda juga menghadirkan asupan ban resmi berkompon lunak bagi motor-motor Honda. Mohammad Sutanto, Koordinator Workshop Bengkel AHASS di MPM Simpang Dukuh Surabaya menegaskan, pemilihan kompon lunak sebagai ban resmi Honda memiliki banyak pertimbangan. Pertimbangan terbesar adalah alasan keamanan.

Ban dengan kompon lunak dapat menghasilkan traksi yang pas antara motor dengan jalan. Daya cengkeram yang dihasilkannya pada saat pengereman jauh lebih efektif dibandingkan dengan ban bertekstur keras.

Meski tidak sedikit pengguna yang mengeluhkan kondisi ban yang cepat aus, Tatok mengatakan bahwa hal itu memang jadi konsekuensi dari penggunaan ban lunak. Bahkan Tatok menceritakan bahwa tidak sedikit pengguna yang akhirnya lebih memilih menggunakan ban merk lain.

Ban merk lain bisa saja lebih awet. Tapi yang jadi fokus Honda bukan itu. Menghadirkan ban berkompon keras untuk digunakan sehari-hari hanya akan memperbesar resiko selip.

Kondisi selip adalah kondisi dimana ban direm hingga berhenti, namun motor tetap berjalan. Hal ini dikarenakan daya cengkeram rem tidak bekerja dengan baik pada ban berkompon keras. Resiko seperti itulah yang diminimalisir oleh Honda, untuk menunjukkan komitmen Honda dalam membina safety riding pada pengendara sepeda motor. (DNA)

Baca Juga

Leave A Comment