Bahaya Suku Cadang Imitasi

Untuk menjaga agar komponen dalam mesin bekerja secara optimal, setiap pabrikan sepeda motor punya suku cadang asli miliknya sendiri. Honda sendiri punya Honda Genuine Part (HGP) yang sesuai dengan standar pabrik sehingga kualitasnya tidak perlu dipertanyakan lagi. Suku cadang asli mampu membuat umur motor lebih panjang dan kinerja mesin lebih optimal. Namun, kesadaran masyarakat Indonesia akan pentingnya penggunaan suku cadang asli masih sangat minim. Banyak orang yang lebih memilih menggunakan suku cadang imitasi karena berbagai alasan. Kebiasaan inilah yang menurut Mohammad Sutanto, Koordinator Workshop Bengkel AHASS di MPM Simpang Dukuh Surabaya tidak baik jika diteruskan.

Ketika ditanya soal faktor yang melatarbelakangi, pria yang akrab disapa Tatok ini menyebutkan faktor ekonomi jadi penyebab utama. Suku cadang imitasi harganya cenderung lebih murah dan dipandang punya kualitas yang tidak kalah dengan suku cadang asli. Ini jelas pandangan yang salah. Tatok menyebutkan, kasus yang banyak muncul adalah pada kanvas rem.

Banyak yang mengeluh kanvas rem keluaran Honda kok cepat habis. Karenanya, mereka membeli kanvas rem imitasi yang dipandang lebih awet dan tidak cepat aus. Padahal, jika brake shoe awet dan tidak aus, tromol pada roda akan terkena imbasnya. Dan ini jauh lebih merugikan dibanding keausan pada brake shoe yang memang ideal terjadi. Hal yang sama akan terjadi pada komponen-komponen lain.

Tatok menambahkan, pihak bengkel resmi hanya bisa memberi anjuran kepada pengendara untuk menggunakan suku cadang asli yang berkualitas pabrik, karena keputusan akhir tetap berada pada. Namun, untuk menjaga performa mesin motor agar tetap aman, nyaman dan bertenaga saat digunakan, tentu penggunaan suku cadang asli seperti HGP adalah solusinya.

Leave A Comment