9 Barang yang Wajib Anda Siapkan Sebelum Touring

Tips Touring  Seperti seorang pilot yang melakukan checklist sebelum melakukan penerbangan, pengendara motor juga harus melakukan hal yang sama untuk perjalanan tur yang aman dan menyenangkan. Mari asumsikan bahwa Anda akan melakukan trip selama beberapa hari dan telah memutuskan lokasi tujuan Anda. Segala urusan mekanik telah Anda siapkan, mulai pengecekan oli, rem, hingga komponen trasmisi kendaraan. Sekarang saatnya Anda menentukan barang apa saja yang akan Anda bawa. Menuliskannya kedalam checklist akan jauh lebih membantu agar tak ada barang penting yang terlupa.

Membawa terlalu sedikit barang atau membawa barang yang salah tentunya akan merepotkan perjalanan Anda. Sebaliknya, membawa terlalu banyak barang bawaan yang proses bongkar-muat cukup lama juga dapat membuat Anda kerepotan. Barang-barang multi fungsi dengan berat seminim mungkin adalah barang yang sepatutnya jadi prioritas Anda. Karena Anda akan berkendara dengan kecepatan tinggi, utamakan barang-barang tersebut tersimpan aman dalam bagasi, box, atau tas ransel Anda. Lalu, apa saja barang yang sebaiknya dibawa? Berikut 9 barang yang wajib Anda siapkan sebelum touring.

1. Perlengkapan Berkendara.
Seorang roadrunner selalu menggunakan pelindung berkendara lengkap, mulai helm, jaket, sepatu, sarung tangan, dan pelindung lutut. Atribut tambahan yang tak kalah penting antara lain penyumbat telinga, jas hujan, dan pelindung sarung tangan dari hujan. Bawa pula sarung tangan cadangan apabila hal tak terduga terjadi. Yang patut dicatat, Anda perlu menyusuaikan kebutuhan perlengkapan berkendara Anda dengan keadaan cuaca. Apabila temperatur di perjalanan menuju lokasi tujuan Anda cukup rendah, siapkan pakaian penghangat, syal, dan air minum.

2. Pakaian.
Tinggalkan baju berbahan sintetis yang di tubuh agar berkendara terhindar dari masalah perubahan suhu. Untuk perjalanan cukup jauh, cucilah pakaian setelah Anda pakai agar mengurangi bawaan Anda. Utamakan bawa sepasang celana yang nyaman, sebuah kaos polo, dan jika memungkinkan, bawa pula sepasang sepatu yang sekiranya nyaman untuk dikenakan.

3. Penunjuk Arah yang Handal.
Untuk perjalanan yang lebih nyaman, alangkah baiknya jika Anda telah memahami rute perjalanan Anda nantinya. Akan lebih mudah bila rute tersebut telah Anda unduh dari komputer untuk diletakkan pada GPS pada motor atau pada telepon genggam. Untuk berjaga-jaga apabila rute pada GPS membingungkan Anda, bawa pula peta fisik agar perjalanan tidak terhambat.

4. Perlengkapan Foto.
Saat perjalanan touring, akan banyak momen menarik untuk diabadikan. Pastikan Anda membawa setidaknya sebuah kamera agar momen-momen tersebut tidak terlewatkan. Jangan lupa untuk membawa perlengkapan pendukung seperti lensa, pengisi daya, baterai cadangan, dan perlengkapan pendukung lainnya.

5. Identitas Diri dan Catatan Kesehatan.
Dalam perjalanan, Anda harus menyiapkan apabila terjadi kemungkinan terburuk. Penyakit yang kambuh atau kecelakaan dapat terjadi kapan saja. Untuk itu, sangat perlu membawa catatan kesehatan Anda agar pertolongan dapat dilakukan dengan efektif. Catatan kesehatan ini meliputi catatan alergi pada obat-obatan tertentu, golongan darah, dan sebagainya. Selain itu, Anda juga perlu membawa identitas diri, surat-surat kendaraan, informasi polis dan kartu asuransi (bila ada), dan kontak yang dapat dihubungi saat terjadi keadaan gawat darurat.

6. Obat-obatan dan Peralatan Mandi.
Perlengkapan untuk menginap seperti peralatan mandi, pereda nyeri, pil anti alergi, dan obat-obatan rutin harian (bila ada) adalah barang-barang yang wajib ada dalam checklist. Bila Anda cukup sering melakukan touring, ada baiknya bila Anda menyimpan peralatan dari perjalanan sebelumnya agar bisa digunakan kembali.

7. Telepon Genggam dan Pengisi Daya.
Barang yang dibutuhkan pengendara saat touring adalah telepon genggam. Hal itu tidak sepenuhnya salah, mengingat smartphone saat ini memiliki aneka ragam manfaat. Bukan hanya melakukan panggilan dan mengirim pesan, smartphone dapat digunakan untuk memantau keadaan cuaca, membuat atau membatalkan reservasi di perjalanan, menemukan bengkel motor, apotik, atau pom bensin terdekat, serta untuk memantau lokasi dengan GPS. Tentunya semua fungsi itu tidak dapat Anda jalankan apabila Anda lupa membawa pengisi daya dalam perjalanan Anda.

8. Kartu Debit, Kartu Kredit, dan Uang Lebih.
Kartu kredit dan kartu debit adalah barang wajib saat melakukan perjalanan. Selain praktis, keduanya membuat Anda tidak perlu membawa terlalu banyak uang tunai. Namun bukan berarti Anda dianjurkan untuk tidak membawa uang tunai sama sekali. Anda perlu membawa uang tunai untuk berjaga apabila tidak ada ATM dalam lokasi terdekat, kartu Anda tertelan mesin ATM, atau resiko terjadinya pencurian. Akan lebih baik bila Anda menyimpan uang tersebut di lokasi yang tersembunyi.

9. Alat-alat, Buku Manual, dsb.
Dengan berkembangnya teknologi yang baik pada sepeda motor, kebutuhan perbaikan motor di tengah perjalanan telah sangat berkurang. Jumlah alat bawaan yang ada pada sepeda motor baru juga sudah semakin sedikit. Meski begitu, menyediakan payung sebelum hujan tetap lebih baik. Perlengkapan cadangan seperti ban dalam, busi, obeng, tang, kunci kontak, bola lampu, serta buku manual dan bukti asuransi kendaraan adalah beberapa peralatan yang sebaiknya tersedia dalam bagasi Anda selama perjalanan.(DNA)
sumber: www.roadrunner.travel

Baca Juga

Leave A Comment