7 Postur Tepat untuk Berkendara Aman

Berkendara Nyaman  Postur tubuh yang tepat merupakan salah satu faktor penting yang menentukan kenyamanan dan keselamatan kamu kala berkendara dengan matic kesayangan. Selain membuat tubuh berada pada posisi nyaman dan tidak cepat lelah, tubuh kamu pun dapat beraksi lebih cepat ketika dibutuhkan. Postur yang pas akan memberikan handling yang kokoh dan keseimbangan yang lebih sempurna. Nah, postur seperti apa yang dianjurkan untuk diadopsi selama berkendara? Simak 7 postur tepat untuk berkendara berikut.

Pandangan mata lurus ke depan dan fokus ke arah tujuan
Melirik ke kanan dan kiri saat memacu kendaraan adalah hal yang sangat tidak dianjurkan. Apalagi kalau yang kamu lirik itu pacar atau istri orang. Super berbahaya Bro! Tetap jaga pandangan mata lurus dan fokus ke depan. Konsentrasi penglihatan yang baik adalah kunci agar berkendara tetap aman sampai tujuan.

Bahu santai dan rileks
Posisi bahu yang tegang dan kaku saat momen berkunjung ke rumah calon mertua sebaiknya nggak kamu terapkan juga waktu berkendara dengan sepeda motor kesayangan Bro. Selain membuat tubuh jadi cepat lelah, posisi bahu yang kaku dan tidak rileks membuat tubuh kamu sulit melakukan gerakan refleks ketika dibutuhkan. Tetap jaga agar area bahu tetap santai dan rileks kala berkendara.

Biarkan siku sedikit menekuk
Pundak yang rileks dan siku yang sedikit menekuk adalah kunci agar tubuh dapat melakukan gerak cepat saat berkendara. Selain membuat handling lebih mantap, siku yang sedikit menekuk juga akan membuat tubuh tidak cepat lelah karena berkendara.

Tangan memegang stang
Kebiasaan memegang stang dengan satu tangan atau bahkan melepas kedua genggaman adalah kebiasaan yang tidak tepat. Meski ada orang-orang yang merasa kebiasaan ini membuat kamu terlihat lebih keren, sebaiknya tidak kamu lakukan selama berkendara dengan motor kesayangan. Bukan derajat ketampanan yang meningkat, malah risiko terjadinya kecelakaan yang makin besar.

Pinggul rileks
Sebagai bagian yang tiap hari bertemu dengan jok sepeda motor, pinggul wajib berada pada kondisi yang rileks dan tidak kaku. Pinggul yang kaku hanya akan membuat gerak refleks tubuh menjadi tidak cepat, juga membuat berkendara menjadi terasa melelahkan.

Lutut sejajar masuk ke dalam leg shield
Sebagian besar sepeda motor memiliki leg shield yang berfungsi melindungi kaki dari angin dan material kecil saat berkendara. Letakkan lutut secara sejajar di dalam leg shield agar kaki terhindar dari benturan yang tidak diinginkan, sekaligus memberikan posisi terbaik baik tubuh kamu.

Kaki menghadap ke depan di dalam leg shield
Poin ini cukup jelas. Karena pandangan mata menghadap kedepan ketika berkendara, kaki kamu pun sepatutnya menghadap kedepan dan diletakkan di antara leg shield. Meski kamu memiliki kemampuan akrobat memukau yang membuat kamu bisa melihat kedepan dengan kaki mengarah ke belakang, berkendara dengan cara demikian sangat tidak dianjurkan karena akan mengganggu keselamatan dan membuat kamu sulit menurunkan kaki untuk menjejak tanah saat berada perempatan maupun lampu merah.

Itu dia 7 postur tepat untuk berkendara yang dapat kamu adopsi. Jangan lupa untuk diterapkan karena postur berkendara yang baik akan membuat konsentrasi kamu meningkat, menjadikan berkendara jadi lebih aman, nyaman, dan menyenangkan.(*)

Baca Juga

Leave A Comment