6 Langkah Tepat Cek Kondisi Helm

Helm  Berfungsi melindungi kepala saat berkendara dengan roda dua, tentu sangat wajar jika helm disebut sebagai barang terpenting dari semua perlengkapan berkendara. Banyak faktor, mulai umur, benturan, hingga cara pemakaian, dapat memengaruhi kemampuan helm untuk melindungi kepala kita. Yuk pastikan helm yang kamu miliki siap untuk melindungi perjalanan kamu dengan 6 langkah berikut:

1. Cek Usia Helm
Helm dapat memberikan perlindungan terbaik selama 5 tahun sejak tahun pembuatannya. Tanggal lahir helm kamu dapat dilihat pada label yang tercetak pada garis Expanded Polystyrene / Styrofoam (EPS) atau yang biasa disebut busa helm. Jika umur helm kamu sudah lebih dari 5 tahun, artinya sudah waktunya helm itu kamu masukkan dalam museum pribadi kamu.

2. Cek Ketebalan Busa Helm
Busa helm akan menipis seiring dengan berjalannya waktu. Selain perlindungan yang diberikan jadi lebih minim, busa helm yang tipis juga tidak nyaman dikenakan karena membuat helm terasa lebih longgar dari seharusnya. Cek secara berkala busa helm kamu, cuci secara rutin, dan ganti dengan busa baru apabila memang diperlukan.

3. Cek Keretakan pada Busa Helm
Periksa secara berkala kondisi busa helm kamu, apakah ada keretakan berbentuk jaring laba-laba atau bahkan ada lubang di busa itu. Jika ada, artinya helm kamu telah mengalami banyak benturan dan cobaan. Ganti busa dengan yang baru apabila keretakan dan lubang pada helm sudah parah.

4. Cek Kondisi ‘Cangkang’ Luar Helm
Cangkang alias bagian luar helm adalah bagian pertama yang menerima hantaman karena posisinya di bagian terluar (semua orang juga tau kalee.. Hehe). Karenanya, cek secara berkala kondisi cangkang luar helm kamu, apakah ada pecahan, goresan yang dalam, atau tanda-tanda lain yang menunjukkan helm kamu sudah tidak sempurna. Mungkin kamu tidak pernah menjatuhkan helm itu, tapi mungkin saja orang lain pernah membenturkannya tanpa memberitahu kamu.

5. Cek Kondisi Chinstrap Helm
Chinstrap atau tali dagu adalah bagian yang menjaga helm terpasang sempurna di kepala, tidak terbang karena terjangan angin ataupun terlepas ketika terjadi benturan. Cek selalu kondisi chinstrap, apakah berfungsi dengan baik atau tidak. Segera lakukan penggantian apabila chinstrap mulai sulit dikancingkan atau bahkan terputus.

6. Cek Visor Helm
Visor memegang peran penting dalam melindungi wajah dari terpaan angin dan debu di jalanan. Posisinya yang tepat didepan mata membuat kondisi visor perlu untuk diperhatikan. Cek selalu apakah ada keretakan atau goresan pada visor, jangan sampai kedua hal itu menganggu penglihatan kamu saat berkendara. Jangan malas juga untuk mengencangkan skrup pada visor, sehingga visor menempel sempurna pada helm kesayangan.

Nah, itu dia 6 hal yang harus kamu lakukan untuk mengetahui kondisi helm kamu. Jadi, apa helm kamu masih pada kondisi terbaik? Atau sudah saatnya mengecek helm keluaran terbaru? (DNA)

Sumber: http://www.motorcyclistonline.com

Baca Juga

Leave A Comment