5 Tips Jitu Agar Cat Motor Tetap Cemerlang

Tips Merawat Motor  Bodi motor menawan adalah idaman semua pengendara. Untuk menjaga agar motor tetap nampak layaknya motor baru, tentu ada trik yang perlu diterapkan. Simak 5 Tips Jitu Agar Cat Motor Tetap Cemerlang berikut, agar motor kesayangan terus nampak layaknya motor baru.

1. Hindari Motor dari Terik Matahari Langsung

Panas terik matahari dapat mempercepat kerusakan lapisan pelindung cat (airbrush) motor dan membuat body motor menjadi kusam. Untuk itu, sebaiknya motor kesayangan diparkir di dalam ruangan. Jika terpaksa harus parkir di ruang terbuka, pilihlah tempat yang teduh agar sinar matahari tidak langsung mengenai motor.

2. Jangan Mencuci Motor dengan Sembarang Sabun
Banyak orang menggunakan sembarang sabun untuk membersihkan motor dari kotoran. Penggunaan sabun sembarangan dapat membuat permukaan bodi motor tergores, dan bahkan bisa merusak cat motor karena zat kimia didalamnya bersifat kasar. Upayakan untuk mencuci motor menggunakan shampoo khusus yang lebih lembut dan tidak merusak cat.

3. Hindari Motor dari Terpaan Air Hujan
Air hujan mengandung tingkat keasaman cukup tinggi yang dapat mempercepat pemudaran warna cat dan merusak warna cat motor. Selain itu, air hujan juga bersifat korosif dan membuat komponen-komponen logam pada motor berkarat. Idealnya, setelah terkena air hujan motor harus dicuci dengan menggunakan air bersih dan dikeringkan dengan lap lembut.

4. Kurangi Penggunaan Zat Kimia Saat Membersihkan Motor
Penggunaan cairan kimia untuk memoles motor agar bodinya makin cantik sejatinya memiliki dampak buruk bila dilakukan secara berkepanjangan. Cairan tersebut mengilapkan warna dengan mengikis lapisan cat bodi motor, membuat cat lama kelamaan jadi pudar dan kusam. Perawatan dengan mencuci motor dengan rutin dan memoles bodi dengan kain lap basah jauh lebih positif ketimbang menggunakan zat-zat kimia tersebut.

5. Jauhkan Motor dari Cipratan Air Garam
Pantai adalah salah satu lokasi yang dijadikan banyak bikers gila touring sebagai tempat tujuan perjalanan. Membawa turun motor kesayangan ke tepi pantai pun jadi agenda wajib yang tak terhindarkan. Kebiasaan ini sebenarnya bukan kebiasaan yang baik, mengingat air laut mengandung garam yang bersifat korosif. Selain berpotensi membuat komponen logam pada motor berkarat, air laut mampu merusak warna cat motor dengan cepat. Jika menghindari air laut memang tak bisa dilakukan, maka segera cuci motor dengan air bersih setelahnya. Pastikan semua bagian-bagian yang terendam tercuci bersih, kemudian keringkan dengan lap kering. (DNA)

Baca Juga

One Comment

  1. Lisa Riani-Reply
    July 27, 2016 at 5:32 pm

    Mantap tipsnya

Leave A Comment