5 Mitos Berkendara yang Ternyata Salah Besar

Helm  Coba kumpulkan beberapa pengendara motor dan ajak mereka bicara tentang kecelakaan dan keamanan saat berkendara dengan sepeda motor. Kamu akan mendengar banyak konsep populer yang sebenarnya kurang tepat, asumsi yang keliru, dan penjelasan yang masuk akal tapi sebenarnya salah jika benar-benar kita cek kebenarannya. Ada beberapa mitos yang sering berseliweran di telinga kita, namun sebenarnya merupakan informasi yang salah. Apa saja?

Jika akan menabrak, jatuhkan motormu
Kalimat ini kebanyakan dilontarkan oleh para rider yang mencoba menjelaskan kenapa mereka terseret bersama motornya ketika mencoba menghindari tabrakan. Orang-orang ini biasanya mengerem terlalu keras atau kehilangan kontrol atas motornya, lalu mencari alasan dengan menjelaskan bahwa menjatuhakan motor adalah hal yang mereka lakukan secara sengaja.

Padahal, kita sebenarnya bisa mengurangi kecepatan dan menghindari kecelakaan dengan lebih baik jika kamu mampu melakukan pengereman secara efektif. Jika kamu tetap di motor pun, kamu akan mampu menghindari kontak langsung antara tubuhmu dengan motor atau mobil lain yang lewat. Skenario terburuk jika kamu menjatuhkan diri dari motor adalah kamu bisa saja masuk ke kolong mobil dan terlindas.

Pengendara lain tidak Peduli dengan Keselamatan Pengendara Motor
Pengendara lain tentu tidak ingin menabrak orang, termasuk kamu. Hanya saja, mereka tidak selalu tau bahwa posisimu saat berkendara dengan motor, walaupun kamu berada tepat didepan mereka. Kamu bisa saja tertutup oleh pantulan sinar matahari, terhalang oleh benda lain, baik itu benda yang ada dijalan, oleh pilar kap mobil, atau karena hal-hal lain.
Untuk membuat kamu dan motor kesayanganmu lebih mudah dilihat, gunakan warna-warna terang, terutama pada helm dan jaket. Nyalakan juga lampu depan baik di siang maupun malam hari.

Knalpot Berisik Dapat Menyelamatkan Nyawa Pengendara
Memang ada beberapa situasi dimana knalpot berisik dapat membuat pengguna jalan lain menyadari keberadaan kamu, misalnya saat kamu berada tepat disamping mobil yang akan berpindah jalur. Bagaimanapun juga, suara bising itu tidak akan banyak membantu kamu menghindari konflik dengan kendaraan dari depan motor kamu.
Survei membuktikan bahwa motor dengan knalpot yang dimodifikasi lebih sering mengalami kecelakaan dibandingkan motor dengan knalpot standar. Jika kamu memang ingin menyelamatkan nyawa, maka gunakan jaket dan helm berwarna terang, yang telah terbukti mampu meminimalisir terjadinya kecelakaan pada pengendara sepeda motor.

Helm dapat Mematahkan Leher
Mungkin terdengar logis, ketika kamu meletakkan benda yang berat di atas leher dan kamu terjatuh dari motor, beban ekstra itu akan mencederai leher. Tapi kenyataannya tidak demikian. Faktanya, helm mampu mengurangi resiko terjadinya cedera pada leher ketika kecelakaan terjadi. Riset menunjukkan bahwa pengendara sepeda motor yang memakai helm mengalami cedera di leher jauh lebih sedikit dibanding pengendara yang tidak memakai helm sama sekali.

Rider Berpengalaman Bisa Menghindari Kecelakaan dengan Lebih Baik
Pengendara dengan insting tajam dan terlatih di dunia sekalipun tidak akan mampu menghindar jika ada mobil yang berhenti mendadak tepat di depannya. Percaya bahwa kemampuan dan pengalaman kamu dalam berkendara akan menyelamatkanmu dari berbagai resiko kecelakaan jelas adalah mimpi di siang bolong. Betapa hebatnya skill berkendara kamu, akan lebih baik jika kamu berkendara dengan mencoba sebaik mungkin menghindari situasi buruk. Bukan malah mencoba-coba hal nyeleneh yang malah bisa membahayakan diri.

Nah, itu dia 5 mitos berkendara aman yang sering dilontarkan banyak orang, tapi sebenarnya salah besar. Ada mitos lain yang belum kami sebutkan? Tambahkan sendiri di kolom komentar ya! (DNA)

Sumber: http://www.motorcyclecruiser.com

Baca Juga

Leave A Comment