4 Hal Penting Tingkatkan Keamanan Saat Berboncengan

Busi  Jadi penumpang sepeda motor mungkin terlihat sederhana. Tapi sebenarnya ada sejumlah trik yang patut diterapkan agar kenyamanan dan keselamatan selama berkendara tidak terabaikan. Apa saja? Mari disimak.

Menggunakan Perlengkapan Berkendara Lengkap
Meski hanya duduk di posisi belakang, penumpang sepeda motor tetap wajib mengenakan perlengkapan berkendara yang safety. Bukan cuma helm, penumpang juga sebaiknya mengenakan jaket, celana panjang, sarung tangan, dan sepatu. Ini agar penumpang terhindar dari resiko membahayakan yang mungkin terjadi selama berkendara.

Posisi Tangan dan Lutut Rapat Pada Pembonceng
Motor bisa berakselerasi dan mengerem secara tiba-tiba, sehingga menimbulkan entakan yang cukup terasa bagi penumpang di belakang. Untuk menjaga agar tubuh tidak terhempas, sebagai penumpang kamu baiknya merapatkan tangan dan lutut pada pembonceng. Pastikan dulu pembonceng di depan kamu tidak merasa terganggu dengan hal itu ya.

Mata Melihat Arah yang Dituju Pembonceng
Mata melihat ke arah yang dituju akan sangat membantu pembonceng melihat jalan dan kendaraan lain yang ada di depan motor. Hal ini juga akan meningkatkan kewaspadaan pembonceng agar tetap awas selama berkendara.

Tubuh Tidak Melawan saat di Tikungan
Gerakan penumpang akan mempengaruhi pengendalian pembonceng, meski tidak signifikan. Tubuh yang kaku dan tidak mengikuti gerakan motor, terutama saat menghadapi tikungan, akan cukup mengganggu pembonceng. Karenanya, pastikan tubuh kamu sebagai penumpang tetap netral dan mengikuti gerakan motor.

Nah, itu dia beberapa tips yang dapat kamu terapkan saat dibonceng orang kesayangan. Jangan lupa diterapkan agar berkendara selalu aman dan nyaman ya! (DNA)

Baca Juga

Leave A Comment