4 Cara Agar Dapat Melihat dengan Maksimal Saat Berkendara

Penglihatan  TIPS РSemua yang kita lakukan di sepeda motor bergantung pada penglihatan kita. Jika kamu mampu menyadari ada oli yang tercecer di jalan dengan lebih cepat, jika kamu menyadari perubahan arah pada mobil yang ada didepanmu, jika kamu melihat ada kucing di jarak 300 meter dengan lebih cepat, kamu akan mampu melewati rintangan-rintangan itu dengan lebih mudah. Jika kamu mampu melihat dengan baik, kamu akan mendapat informasi dengan lebih cepat, mengambil keputusan dengan lebih baik, dan lebih sedikit mengalami kejutan kala berkendara.

Penglihatan yang jelas dan tajam adalah kunci utama untuk merasakan berkendara aman dan menyenangkan. Bukan hanya membuat kita mampu melihat kondisi jalan yang akan dilewati dengan jelas, penglihatan yang awas juga akan membuat kita menyadari kehadiran objek dan kendaraan lain di jalan meski dari kejauhan.

Meski perannya sangat penting, masih banyak pengendara sepeda motor yang belum menyadari pentingnya penglihatan. Kotor dan tergoresnya pelindung wajah pada helm, kacamata, dan windshields yang dapat mengganggu penglihatan masih banyak digunakan oleh pengendara roda dua.

Agar berkendara tetap aman dan menyenangkan, ada empat hal terkait penglihatan yang perlu diperhatikan sebelum memulai perjalanan dengan sepeda motor kesayangan. Apa saja? Mari simak.

Periksa Sumbernya: Mata

Tak perlu ditanya lagi, sumber penglihatan yang baik adalah dari mata yang baik. Mengingat kita tidak dapat langsung menyadari gangguan pada mata, pemeriksaan mata secara rutin sangatlah penting. Bila ternyata memang terdapat gangguan pada mata, kacamata dan lensa kontak dapat menjadi solusi.

Sebagai catatan, meski membuat penglihatan jadi lebih jelas, kacamata kurang cocok untuk digunakan berkendara dengan sepeda motor. Keterbatasan lensa pada kacamata membatasi sudut pandang kala berkendara. Distorsi dan pantulannya juga dapat mengganggu agenda berkendara di malam hari. Lensa kontak adalah solusi dari masalah tersebut. Satu-satunya kelemahan dari lensa kontak hanya ketika dia menjadi lengket ketika mata kering. Melepas dan membasahi lensa kontak dapat menyelesaikan masalah tersebut.

Bertambahnya umur juga berpengaruh pada menurunnya penglihatan. Kemajuan teknologi yang memungkinkan kita melakukan operasi atau laser pada mata bisa jadi solusi apabila kacamata maupun lensa kontak sudah tidak bisa membantu.

Gunakan Pelindung Mata

Helm full-face memberikan proteksi yang sangat efektif bagi mata. Bukan hanya melindungi mata dari puing-puing kecil dan serangga, helm full-face juga melindungi wajah dari angin. Helm dengan kualitas tinggi biasanya memiliki pelindung wajah berbahan bagus dan dikonstruksi agar tahan pada goresan. Beberapa pelindung wajah pada helm bahkan bekerja lebih baik dibanding kacamata hitam yang harganya cenderung lebih mahal.

Pelindung wajah yang baik tentunya harus selalu bersih dari kotoran dan debu. Bersihkan secara berkala dengan kain bersih. Hati-hati dengan debu dan pasir yang menempel. Membersihkan dengan cara yang salah dapat membuat pelindung wajah malah tergores.

Posisikan Windshields dengan Tepat

Windshields dapat menjaga tubuh dari angin kencang kala berkendara, namun juga dapat mengganggu penglihatan apabila posisinya terlalu tinggi. Untuk itu, letakkan windshield pada posisi tepat dibawah eye-level kamu. Windshield yang terlalu tinggi dapat sangat mengganggu penglihatan, terutama pada musim hujan.

Berhenti Sejenak Saat Tubuh Lelah

Kelelahan adalah faktor utama penyebab kecelakaan, terutama saat bersepeda motor jarak jauh. Kemampuan untuk melihat termasuk salah satu kemampuan yang menurun ketika tubuh lelah, dan itu sangat berbahaya. Ketika tanda-tanda tersebut muncul, artinya sudah saatnya untuk menepi dan beristirahat sejenak.
Itu dia beberapa hal yang wajib kamu perhatikan agar penglihatan kala berkendara tetap maksimal. Semoga perjalanan berkendara kamu jadi lebih menyenangkan setelah menerapkan trik ini ya! (DNA)

Baca Juga

Leave A Comment